Sebelum Hari Raya Nyepi, 100 Tukik Dilepas di Pantai Kuta

Pelepasan Tukik (Dokumentasi detiktravel) 

Denpasar, - Sehari sebelum perayaan Hari Raya Nyepi yang jatuh pada Senin (11/3), sebanyak 108 anak penyu (tukik) dilepas dari Pantai Kuta ke tengah laut. Pelepasan tukik ini mendapatkan perhatian ratusan wisatawan asing dan domestik yang memadati pantai.

Pelepasan tukik yang bertepatan sebelum Hari Raya Nyepi ini karena beberapa waktu lalu telur penyu menetas, sehingga langsung dilepaskan ke lepas pantai. Dalam pelepasan ini banyak wisatawan yang ikut langsung melepas tukik dari penangkaran ini.

"Pelepasan ini memang secara kebetulan karena telur sudah menetas menjelang Hari Nyepi, jadi sangat kebetulan," kata Ketua Satgas Pantai Kuta Gusti Ngurah Tresna, kepada wartawan di Pantai Kuta, Bali, Minggu (10/3).

Menurutnya banyak yang memberikan apresiasi atas kegiatan rutin pelepasan tukik ke tengah laut ini. Selain sebagai upaya nyata perlindungan terhadap penyu, juga untuk mengangkat citra pariwisata Bali khususnya Kuta di mata dunia international. Terlebih saat pelepasan juga selalu diikuti oleh wisatawan asing, bahkan tempat penangkaran penyu di Pantai Kuta juga kerap mendapatkan kunjungan dari beberapa negara.

(gds/mpr)

Sumber : news.detik.com